Langsung ke konten utama

Menikmati Museum Kereta Api di Belanda: Spoorwegmuseum

Kalau Indonesia punya Meseum Kereta Api Ambarawa di Jawa Tengah, Belanda memiliki Spoorwegmuseum yang berisi banyak koleksi kereta api Belanda jaman dulu. Layaknya Ambarawa yang terletak di tengah Pulau Jawa, Museum Kereta Api Belanda atau yang sering disebut dengan Spoorwegmuseum ini juga terletak di tengah negara Belanda, tepatnya di Provinsi Utrecht. Spoorwegmuseum ini merupakan Museum kereta api terbesar di Belanda. Selain Spoorwegmuseum masih ada dua museum Kereta Api di Belanda yaitu Museum Kereta Uap di Medemblik-Hoorn, dan Museum Kereta Uap di Katwijk, Leiden. Kedua museum tersebut hanya khusus menyimpan koleksi kereta uap, dan masih beroperasi untuk tujuan wisata. (cerita lengkap tentang museum ini, lain kali ya 😀
Kali ini saya ingin bercerita tentang serunya mengunjung Spoorwegmuseum. Informasi seputar Spoorwegmuseum ini, bisa diperoleh dengan sangat mudah di laman Spoorwegmuseum. 

"The Most Exciting Train Station in the Netherlands" terpampang di laman depan. Ya, museum ini merupakan museum kereta yang paling menarik di Belanda. Sejak tahun 1954, Museum ini berlokasi di sebuah station tua Maliebaan di Utrecht yang sebelumnya sudah ditutup. Setelah direnovasi sana-sini, jadilah bangunan Museum yang cukup besar untuk menyimpan beragam koleksi kerta dan aneka wahana permainan untuk pengunjung. 


Bagian depan Spoorwegmuseum

Begitu masuk pintu depan, pengunjung akan disambut loket pembelian tiket yang terletak di lobi stasiun. Di lorong sebelah kiri, pengunjung akan disuguhi rak-rak penyimpanan koper beserta koper-koper tua yang terpajang cantik di sana. Di lorong ini pula, miniatur kereta api yang dulu digunakan Belanda sewaktu di Indonesia dipajang. 
Segera setelah melalui lobi stasiun Maliebaan, pengunjung akan berada di lintasan rel kereta Api. Dua rel dipakai untuk menyimpan koleksi kereta api yang dipajang, dan satu rel masih difungsikan setiap satu jam sekali untuk membawa pengunjung yang datang atau akan pergi dengan satu rute stasiun Maliebaan - stasiun Utrecht. (*foto-foto menyusul)


Koleksi Museum, bahkan arena bermain terletak di ruangan besar yang barangkali dulu dipergunakan sebagai gudang. Keberadaan arena bermain inilah yang membuat spoorwegmuseum menjadi museum kereta api yang paling asyik di Belanda. Tak hanya pajangan-pajanngan kereta tua yang disajikan tetapi juga simulasi-simulasi interaktif di dunia kereta api. Seperti Arena Stallen Monster, laksana naik kereta di area tambang di dalam tanah yang gelap; Techlab XL pemaparkan gambaran-gambaran keilmuwan yang diterapkan di bidang perkeretaapia secara sederhana; 

bersambung...

Komentar

  1. If you're looking to lose kilograms then you certainly have to try this brand new personalized keto meal plan diet.

    To create this keto diet service, licensed nutritionists, fitness couches, and cooks united to develop keto meal plans that are powerful, painless, money-efficient, and delicious.

    From their grand opening in January 2019, 100's of individuals have already transformed their body and health with the benefits a smart keto meal plan diet can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover eight scientifically-tested ones provided by the keto meal plan diet.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

God Create World, Dutch...

Empat tahun tinggal di Belanda, membuat saya bisa sedikit mengerti bagaimana Orang-orang Belanda itu... Hangat, to the point tapi juga pintar berbasa-basi (tapi ngga mbulet-mbulet seperti orang jawa 😅), dan karakter yang menonjol adalah pede alias tingkat kepercayaan diri mereka sangat tinggi. Setiba di negara ini, 24 Februari 2016 lalu, segera saya mendengar sesumbar "God Created World, Dutch created the Netherlands". Nether artinya lembah, Netherlands adalah tanah yang rendah. Sekitar 30% daratan Belanda berada di bawah permukaan laut, sebagian hanya sekitar satu meter di atas permukaan laut. Sungai-sungai besar mengalir di negara ini, Sungai Rhine , Sungai Maas , Sungai Ijssel , dan Sungai Scelt , menyebabkan daratan Belanda berada di lembah-lembah sungai. Dengan kondisi geografi yang demikian, Belanda menjadi negara yang sangat rentan terhadap banjir. Tercatat, di tahun 1953, terjadi banjir besar dengan ribuan korban jiwa di Belanda.  Sejak itu, mereka belajar,

Juli - kepanikan mencari sekolah

  Juli, akan selalu mengingatkan saya pada masa-masa liburan sekolah. Dan mulai tahun ini, dan beberapa tahun mendatang, secara berkala, akan menjadi bulan-bulan yang disibukkan dengan kegiatan mencari - mendaftar sekolah untuk anak-anak. Tahun-tahun sebelum ini, setidaknya selama enam tahun ini, bulan Juli menjadi bulan yang paling menyenangkan. Karena di bulan inilah anak-anak memulai libur musim panasnya, sehingga perasaan yang muncul hanyalah senang, senang, dan senaaaang🤣. Nonton film (hampir) setiap hari, naik kereta api berkunjung ke museum, menikmati keramaian kota, menginap di rumah teman, barbeque, atau sekadar berjalan-jalan atau sepedaan menikmati sore di Wageningen dan yang paling menyenangkan adalah tak perlu bangun pagi-pagi 🤣, selama enam minggu. Tapi mulai tahun ini, bulan Juli akan memiliki kisah yang lain, bagi kami sekeluarga. Dan Juli tahun ini adalah Juli peralihan. Sebuah peralihan dari dua budaya pendidikan. Kami akan meninggalkan Belanda sebentar lagi. Bu

obat hectic

 Setelah semua keriuhan pindahan kemarin, ada penghiburan yang datang bertubi-tubi untuk kami, sekeluarga. Tuan rumah yang teramat sangat baik, ramah, hangat, yang menyediakan game 24jam tuk anak-anak; berjumpa dengan beberapa kawan-kawan lama di acara syukuran kawan yang barusaja mendapatkan pekerjaan di kota Praha, dan undangan makan siang di rumah Tante Vero. Mereka semua menyuguhkan makanan-makanan yang lezat yang tak sekadar mengisi perut kami yang kelaparan tapi juga menghangatkan hati kami.  Makanan, dimanapun itu, selalu berhasil menyatukan pribadi-pribadi yang berbeda, selama perut terisi penuh, hati akan pula terisi penuh. Tante Vero, perempuan baik hati yang kami kunjungi hari ini, adalah seorang Indonesia yang menikah dengan pria warga negara belanda. Sejak 2014 ia bersama suaminya membuka usaha warung makan di Wageningen. Radjawali nama warungnya.